PROFIL LAZIS MASJID SYUHADA

 

Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Masjid Syuhada adalah lembaga yang mengutamakan untuk mengangkat harkat derajat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana Zakat, Infaq dan Shodaqoh. Lembaga yang berdiri pada tanggal 21 Agustus 2004 ini salah satu gerakan para aktivis dakwah Masjid Syuhada untuk mengoptimalisasikan para jama’ah ( Muzaki ) Masjid Syuhada agar senantiasa beramal untuk berbagi dengan kaum Dhuafa.

 

 

VISI

 

Menjadi Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Shadaqah (LAZIS) yang amanah dan profesional, dalam rangka mencapai tujuan YASMA SYUHADA.

 

MISI

 

-Mengoptimalkan kualitas pengelolaan ZIS yang amanah dan profesional.

-Membantu muzaki dalam menyalurkan ZIS-nya kepada masyarakat.

-Membantu masyarakat, khususnya mustahik, melalui program-program pendayagunaan yang transparan, terukur, berdayaguna dan dapat dipertanggungjawabkan dalam mewujudkan kemandirian masyarakat.

 

Tujuan Jangka Panjang

 

- Meningkatkan kesadaran ber-ZIS bagi masyarakat

- Meningkatkan perolehan dana ZIS dan asset produktif

- Meningkatkan kualitas, profesionalitas dan akuntabilitas Sumber Daya Amil.

 

Produk Layanan Unggulan

 

Produk layanan unggulan ini akan mulai dilaksanakan pada tahun pertama, untuk selanjutnya akan menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan umat.

 

PROGRAM UNGGULAN LAZIS MASJID SYUHADA

 

- GULIR (Gerakan Urunan Lima Ribu)

Sasaran spesifik gerakan ini adalah pelajar/mahasiswa dan karyawan. Urunan lima ribu rupiah bisa dilakukan: (1) setiap bulan (dengan model membership), atau (2) terjadi dalam satu event, misalnya konser amal. Untuk yang kedua ini, kami akan bekerja sama dengan grup musik Jikustik, Sheila on 7, serta grup nasyid. Selain itu, kami juga akan bekerjasama dengan panitia OSPEK, Badan Eksekutif Mahasiswa, serta Binrohis di perusahaan.

- Infaq BARBEKU (Barang Bekas Berkualitas)

Sumber pendapatannya bisa berupa: barang-barang bekas isi kost yang habis masa pakainya setelah wisuda, kertas-kertas bekas ujian yang dimilki oleh guru/dosen, serta barang bekas lainnya (rak, lemari, meja, dsb.) yang dimiliki oleh universitas, perusahaan atau individu. Barang yang diinfakkan ini akan dijual oleh LAZIS dalam acara BAZAR BARBEKU, dan uangnya akan didayagunakan sesuai program LAZIS.

- Gapura ( Gerakan Amal untuk Pendidikan Masyarakat Dhuafa )

Akumulasi dari dana gerakan ini akan disalurkan melalui program beasiswa bagi kaum dhuafa.

- Wakaf Inventasi

Wakaf Inventasi anda akan dialokasikan pada kegiatan ekonomi produktif yang mampu memberi peluang usaha dan pekerjaan bagi fakir miskin, sehingga mereka bisa lebih mandiri.

- Gerakan Wakaf Qur’an

Gerakan wakaf Qur’an ini akan dialokasikan untuk masjid-masjid di Wilayah DIY

 

DISTRIBUSI DAN PENDAYAGUNAAN

 

1. Pendidikan dan Dakwah

- Beasiswa

Diberikan kepada anak-anak dari kalangan mustahik, dalam bentuk pembayaran SPP dan uang transport mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA.

- Pendidikan Ummat

Pendidikan ummat meliputi program bebas buta huruf al-Qur’an, pembinaan keagamaan, dan pelatihan keterampilan kerja. Pendidikan ini akan diikuti oleh masyarakat secara gratis, yang biaya penyelenggaraannya ditangani oleh LAZIS.

- Pembinaan Muallaf

Dengan program ini, setiap mu’allaf ketika masuk Islam langsung mendapat pelayanan yang lebih baik, mulai dari pemberian kenang-kenangan (minimal, seperangkat alat shalat) serta terbebas dari biaya administratif apa pun. Selanjutnya, LAZIS ikut mengembangkan FORUM MU’ALLAF untuk pembinaan lebih lanjut bagi mereka.

2. Perekonomian

- Pendampingan Usaha Kecil

Pendampingan usaha meliputi pinjaman modal usaha secara bergulir, layanan konsultasi, serta diklat.

3. Sosial

- Bakti Sosial & Desa Binaan

Bakti sosial (khitanan massal, pengobatan, bazar murah, dsb.) diselenggarakan secara insidental. Sedangkan program Desa Binaan diselenggarakan secara terpadu dan berkesinambungan, agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Layanan Chat

: 085 600 888 108
: 5FE78C4A
: lazis Masjid Syuhada